Senin, Mei 21, 2012

Rental Mobil di Kota Padang

rental mobil di kota padang
Toyota Avanza, banyak direntalkan di Padang
Kalau anda ke Kota Padang dan akan melakukan mobilisasi yang tinggi di dalam ataupun keluar kota, tentu anda butuh mobil untuk mendukung mobilisasi anda tersebut. Datang ke Kota Padang untuk tujuan wisata, bisnis, mengunjungi keluarga, pulang kampung, berobat atau lainnya adalah aktivitas yang banyak dilakukan tamu kota ini dari luar daerah. Jika ada pihak yang menyambut kedatangan anda dan menyediakan mobil untuk kebutuhan anda, tentu anda tidak butuh mencari mobil lagi untuk dirental. Tapi kalau anda tidak disediakan mobil, anda bisa menggunakan jasa rental mobil di kota Padang yang bisa dipilih.

Butuh informasi dari orang yang anda kenal untuk mendapatkan rental mobil yang cocok. Sedikit pengusaha rental mobil di Padang yang mengiklankan usahanya di media massa ataupun internet. Pernah saya menulis tentang Rental Mobil Termurah di Kota Padang, tapi baru-baru ini saya lihat situs yang disebut dalam tulisan itu masih tetap kurang informatif dan tidak interaktif dengan pengunjungnya. Dengan adanya orang yang anda kenal di Padang, bisa membantu anda untuk mencarikan info atau langsung berurusan dengan pihak rental. Ini penting agar anda mendapatkan harga yang layak. Jika tidak, dan anda tidak tahu berapa harga normal rental mobil di Padang, anda bisa saja diberi harga yang tinggi.

Sebagai informasi buat anda, normalnya harga rental mobil di padang untuk jenis Toyota Avanza adalah 225 sampai 250 ribu rupiah perhari. Jika rentalnya mingguan, bulanan atau tahunan tentu saja harganya bisa jadi lebih miring. Jika anda ada kenal baik dengan pengusaha rental mobil atau sedang beruntung, satu hari anda bisa saja hanya diminta 200 ribu rupiah saja. Mobil toyota avanza yang saya sebutkan ini tentu saja yang standar untuk direntalkan (seri G, tahun tinggi). Jika dibawah itu, harganya bisa lebih murah lagi.

Saat-saat tertentu, harga rental mobil di Padang bisa naik, yaitu ketika permintaan naik sehingga hukum pasar akan berlaku. Misalnya ketika musim liburan dan lebaran. Situasi yang pernah membuat harga rental mobil naik di Padang adalah ketika gempa 2009. Saat itu banyak mobilisasi yang dilakukan oleh organisasi dan pihak-pihak yang membawa bantuan gempa di Padang. Harga saat itu betul-betul setinggi langit, semua moda transportasi darat (selain kereta api dan gerobak atau sejenisnya tentunya), naik melambung tinggi. Mobil sedikit, permintaan banyak. Yang merental banyak dari organisasi luar negeri pula, mereka membawa banyak uang dan standar tinggi. Mungkin mereka berpikir harga seperti itu masih layak. Yang laku dirental hampir semua jenis mobil, seperti minibus, SUV, truk besar dan kecil, pick up, termasuk sepeda motor. Saya termasuk yang sempat merentalkan motor pribadi saya untuk sebuah NGO waktu itu. Lumayan, satu juta rupiah perbulan :D

Sebagai informasi tambahan, syarat merental mobil di Kota Padang pada umumnya sama dengan kota lainnya di Indonesia. Perusahaan rental mobil akan minta foto copy tanda pengenal. Prosedurnya akan lebih mudah jika anda sudah saling kenal atau sudah jadi langganan. Beberapa perusahan rental juga melengkapi mobil mereka dengan GPS tracker untuk memantau rute dan keamanan mobil mereka selama dibawa pelanggan.

Selain pengusaha lokal, juga ada perusahaan yang status cabang dari Jakarta seperti Indorent dan Track. Perusahaan rental mobil lokal misalnya CV. Ronaldi, CV. Sumatera Transport, Rental Datuk dan lain-lain. Juga ada rental perorangan yang tidak berbadan hukum, mereka biasanya hanya akan merentalkan mobil kepada orang-orang yang telah dikenal atau ada yang bisa menjamin keamanan mobil mereka.

Nah, jika anda ingin datang ke Padang dan butuh mobil untuk dirental, semoga anda mendapatkan mobil yang kondisinya prima dan harganya murah. Saya yakin, sebentar lagi adalah waktunya liburan panjang, liburan puasa, liburan lebaran dan ada even Tour de Singkarak 2012 pula. Harga rental mobil di Padang pasti akan naik. Jika anda mau, saya bisa tunjukkan tempat rental mobil yang murah untuk anda atau membantu anda untuk menawar dengan harga yang lebih murah, paling tidak harga normal.




1 komentar:

DVPro Video and Media Services mengatakan...

Assalamualaikum, saya dan isteri akan berada di Padang/Bukittinggi pada 5 hingga 8 Disember tahun ini. Saya ingin memesan sewa mobil tanpa supir sepanjang waktu tersebut. Saya amat berterima kasih sekiranya bapak dapat menghubungi saya bagi tujuan tersebut di dvpro.vms@gmail.com.