Minggu, Mei 12, 2013

Dari Padang Ke Mentawai, Transportasinya Naik Apa?

transportasi dari padang ke mentawai
Bagi dunia luar, Mentawai terkenal sebagai daerah tujuan surfing atau berselancar. Turis mancanegara terutama dari Australia sering bolak-balik ke Mentawai dengan akses transportasi yang masih terbatas. Akses ke Kabupaten Mentawai saat ini satu-satunya hanya bisa dilakukan dari Kota Padang, yaitu melalui Pelabuhan Udara Internasional Minangkabau atau melalui Pelabuhan Laut Bungus.

Sebelumnya, untuk transportasi orang bisa juga dilakukan dari Pelabuhan Muaro, tapi telah beberapa tahun belakangan pelabuhan tersebut tidak dibuka lagi untuk mengangkut orang, khususnya bagi kapal ferry. Sedangkan untuk transportasi udara, sudah mulai dibuka sejak tahun 2007 yang melayani rute Padang - Rokot. Namun sejak kejadian pesawat kecil yang melayani Padang - Mentawai tersebut jatuh di Bahorok (Sumatera Utara), perhubungan udara kembali terputus.

Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai dalam pemberitaan di media massa menyebutkan akan mengaktifkan kembali penerbangan Padang - Mentawai pada awal tahun 2012, namun sampai sekarang setahu saya belum ada pelayanan penerbangan yang melayani rute penting ini. Satu-satunya moda transportasi Padang - Mentawai atau Mentawai - Padang yang tersedia adalah melalui laut. Berharap akses Padang ke Mentawai melalui udara atau pesawat/penerbangan kembali dibuka dalam waktu dekat.

Berikut info pelayaran Padang - Mentawai:


1. Kapal Motor (KM) Ambu-Ambu

Kapal Ferry  ini berangkat dari Pelabuhan Bungus Padang yang berlokasi di Kecamatan Bungus Teluk Kabung dengan jarak tempuh lebih kurang setangah jam dari Pasar Raya Padang. Dari Bandara Internasional Minangkabau Airport anda bisa menyewa Taxi antara Rp 150.000 sampai Rp 200.000,- dengan jarak tempuh paling lama sekitar satu jam jika melalui Jalan By Pass Padang dengan catatan tidak ada kemacetan.

Menuju pelabuhan yang terletak di selatan Kota Padang ini juga bisa menggunakan angkutan umum atau angkot maupun menggunakan jasa ojek dari Pasar Raya Padang. Taxi juga bisa menjadi alternatif untuk menjadi moda tranportasi dari Padang ke Pelabuhan Bungus.

Harga tiket kapal KM Ambu-ambu untuk kelas ekonomi Rp 75.000, jika menyewa matras dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 50.000. Untuk kelas angkutan kapal yang menyediakan kasur harga tiket Rp 105.000. Sedangkan bagi anda yang ingin merasakan nikmatnya berlayar dengan KM Ambu-Ambu bisa mengambil kelas ekslusif dengan tarif Rp 400.000.

Jadal pelayaran KM Ambu-Ambu
Padang - Sipora (Tua Pejat) setiap hari Minggu jam 20.00 WIB
Padang - Sikakap setiap hari Selasa jam 20.00 WIB
Padang - Siberut setiap hari Kami jam 20.00 WIB




2. Kapal Motor Gambolo

Transportasi laut Padang ke Mentawai dilayani KMP Gambolo sejak Maret 2013 dengan kapasitas muatan 500 gross ton (GT). Kapal senilai Rp 260 miliar ini merupakan bantuan dari pemerintah pusat dengan 149 tempat tidur dengan daya tampung sampai 300 orang penumpang.

Kapal Motor Penumpang (KMP) Gambolo selain melayani rute Padang-Mentawai pergi pulang, juga singgah di empat pulau besar di Kepulauan  Mentawai, dengan jadwal rute pelayaran bergantian dengan jadwal pelayaran KMP.Ambu-Ambu diatas yang sebelumnya telah melayani rute pelayaran Padang-Mentawai sejak bertahun-tahun.

Dalam enam hari bisa bergantian dengan Ambu-ambu sehingga dapat memberi pelayanan penumpang Padang-Mentawai untuk setiap hari, kecuali pada Minggu. KMP Gambolo dibuat dengan teknologi mukhtahir terutama pada mesin, serta kekuatannya lebih dari KMP Ambu-ambu.

KMP Gambolo rute pelayanan penumpang sampai ke empat pulau di Kepulauan Mentawai, beda dengan KMP Ambu-ambu yang hanya melayani Padang-Tua Pejat dan Padang-Sikakap. Operasional KMP Ambu-Ambu dan KMP Gambolo berada dibawah ASDP Indonesia Ferry Cabang Padang.

2. Kapal Motor (KM) Sumber Rezeki

Kapal ini berangkat dari Muaro Padang, tidak jauh dari Jembatan Siti Nurbaya atau Pantai Padang. Kapal sumber rezeki melayani pelayaran dari Padang menuju Sipora setiap hari Jum'at jam 20.00 WIB.
Harga tiket untuk pelayaran menggunakan kapal Sumber Rezeki Rp 125.000 sudah termasuk kamar. Sedangkan kelas ekonomi tarif tiket yang ditawarkan seharga Rp 105.000 tanpa ruangan dan tanpa matras.

Nah itulah sekilas informasi akses transportasi dari Padang ke Mentawai. Untuk pelayaran jarak jauh, banyak diantara pengguna kapal yang pernah pergi ke Mentawai dari Padang merekomendasikan naik Kapal Motor Ambu-Ambu atau Kapal Motor Gambolo. Lalu, kapan rencana anda akan berangkat ke Mentawai?

Tidak ada komentar: