Senin, Mei 21, 2012

Informasi SNMPTN 2012 di Padang

Pembelian PIN dan KAP SNMPTN di Padang
Pembelian PIN dan KAP SNMPTN di Padang
Sejak tanggal 10 Mei 2012 kemarin, panitia nasional SNMPTN sudah membuka proses pendaftaran calon mahasiswa. Pembelian PIN (personal identification number) dan KAP (kode akses pendaftaran) bisa dilakukan di Bank Mandiri terdekat, sekaligus melakukan pembayaran biaya ujian yang dibayar dimuka sejumlah 150 ribu untuk IPA/IPS dan 170 ribu untuk IPC.  

Bagi yang memilih jurusan yang wajib dilanjutkan dengan ujian keterampilan, wajib membayar biaya tambahan sebesar 150 ribu lagi. Pembelian dan pendaftaran akan dibuka sampai tanggal 31 Mei 2012. Wah, dibanding saya dulu, biayanya sudah dua kali lipat lebih :D.

Di Kota Padang, Bank Mandiri yang ditunjuk adalah Bank Mandiri yang beralamat di Jl. Jend Sudirman (depan SMA 1 Padang yang lama atau di samping kantor Garuda Padang). Bagian untuk pendaftaran yang saya amati adalah counter yang terletak di bagian dalam dan counter yang terletak di halaman parkiran belakang gedung Bank Mandiri ini. Konter bagian belakang itu biasanya digunakan untuk melayani pembayaran tagihan PLN, PDAM dan Telepon.


Selain Bank Mandiri jalan Sudirman, proses pembelian juga bisa dilakukan di Bank Mandiri Jalan Belakang Olo, Bank Mandiri cabang Indarung, Jalan Diponegoro dan  Jalan Gereja (depan Taman Melati). Untuk daerah lain di Sumbar, bisa dilakukan di Bank Mandiri cabang Solok, dan cabang Bukittinggi.
 
Pembelian formulir bisa juga dilakukan melalui ATM SMS Banking dan Internet Banking Bank Mandiri. Jadi untuk menghidari antrian yang panjang, anda bisa melakukan pendaftaran SNMPTN 2012 melalui fasilitas ini.

Setelah mendapatkan PIN dan KAP, anda bisa melakukan pendaftaran secara online di website SNMPTN http://ujian.snmptn.ac.id. Inilah saatnya anda memasukkan jurusan dari universitas pilihan anda. Daftar Universitas di Kota Padang untuk SNMPTN adalah Universitas Andalas (Unand) dan Universitas Negeri Padang (UNP).

Tips dari saya, untuk menghindari koneksi dan loading yang lelet dari situs SNMPTN, lakukan pendaftaran pada malam hari, kalu perlu tengah malam ketika aktifitas internet dan trafik pendaftaran online SNMPTN sedang sedikit. Setelah pendaftaran selesai, selanjutnya ikuti jadwal yang telah ditentukan, yaitu ujian tulis pada 12-13 Juni, pengumuman kelulusan SNMPTN 2012 pada 7 Juli.




Tidak ada komentar: