Senin, Mei 13, 2013

Etape dan Total Hadiah Tour de Singkarak 2013

hadiah tour de singkarak 2013Edisi kelima Tour de Singkarak (TdS) 2013 akan diselenggarakan selama tujuh hari mulai dari tanggal 3 sampai 9 Juni 2013 yang akan melibatkan 9 kabupaten dan 7 kota di Sumatera Barat dengan menempuh jarak sepanjang 1.200 km. Ditargetkan akan diikuti oleh perwakilan 25 negara. Etape pertama Tour de Singkarak akan start di depan Jam Gadang Kota Bukittinggi dan Etape terakhir akan diadakan dalam Kota Padang.

Total hadiah yang diperebutkan adalah sejumlah Rp1,2 miliar. Meningkat dari Tour de Singkarak edisi 2012  yang hanya Rp1 miliar. Empat belas kabupaten dan kota yang dilintasi dalam Tour de Singkarak 2012 atau edisi keempat akan kembali dilintasi pada edisi kali ini ditambah dengan dua kabupaten lagi yaitu Kabupaten Pasaman dan Kabupaten Solok Selatan.

Adapun Kabupaten Dharmasraya yang juga mengajukan diri tidak lolos setelah dikaji dari hasil kajian Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia (Kemenparekraf). Yang menjadi indikator penilaian diantaranya adalah tempat penginapan, panjang rute, kelayakan jalan, keamanan, keindahan alam, dan tantangan yang akan dilalui. Melihat indikator ini, saya pesimis jika Kabupaten Kepulauan Mentawai akan bisa menjadi salah satu lintasan etape TdS. Padalah Mentawai terkenal dengan eksotik alam dan surfing di Mentawai juga sudah terkenal di seluruh dunia.

Tour de Singkarak mulai diselenggarakan pada tahun 2009 dan melintasi wilayah-wilayah Sumatera Barat yang terkenal dengan keindahan alam dan kekayaan budayanya. Bagi Kemenparekraf, Tour de Singkarak merupakan salah satu agenda tahunan dalam mengangkat potensi pariwisata Indonesia di Sumatera Barat kepada wisatawan mancanegara. Persatuan Balap Sepeda Dunia (Union Cycliste Internationale) wilayah Asia juga telah menjadikan Tour de Singkarak telah menjadi agenda resmi tahunan. Tour de Singkarak diakui sebagai ajang balap sepeda dengan jumlah penonton terbanyak kelima di dunia dengan menggunakan parameter yang sama untuk mengukur Tour de France di Perancis.

Agenda tahunan ini mampu meningkatkan jumlah turis manca negara ke Sumatera Barat dan meningkatkan persentase tingkat hunian hotel. Beberapa Pemerintah Kabupaten/Kota yang menjadi daerah lintasi juga menjadi terpacu untuk meningkatkan fasilitas infrastruktur transportasi dan kebutuhan pariwisata. Dampak positif Tour de Singkarak lainnya adalah adanya pertumbuhan investasi hotel yang cenderung meningkat dan dibukanya rute penerbangan Padang - Singapura oleh  Tiger Airways dan Mandala Airlines. Trend pertumbuhan komunitas pesepeda di Sumatera Barat juga meningkat berkat adanya Tour de Singkarak ini. Biro-biro pariwisata juga terpicu untuk menawarkan paket-paket perjalanan wisata bagi wisatawan untuk menyaksikan secara langsung Tor de Singkarak.

etape tour de singkarak 2013
Disamping ini adalah rute lengkap Tour de Singkarak 2013, 3 – 9 Juni 2013. Sedangkan lagu dan lirik lagu TdS bisa anda baca dalam artikel terkait TdS sebelumnya.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

finish no di muaro labuah nak da?

ikhsan mengatakan...

di sumatra barat ada yang namanya pacu itiak,yang mana ini merupakan suatu tradis dan permainan anak nagari bagi masyarakan payakumbuah.
kami menyediakan untuk perjalanan melihat pacu itiak.
kunjungi kami RAIN BOUND TRIP : EAT, SHOOP, TRAVEL terima kasih