Senin, Mei 13, 2013

Hotel Berbintang di Kota Padang

hotel berbintang di kota padang
Hotel di Kota Padang terus meningkat jumlahnya dari tahun ke tahun. Sempat berkurang jumlahnya sebentar karena banyak hotel yang roboh dan rusak akibat gempa 2009. Hingga tahun 2013 ini sekitar delapan hotel berbintang tiga dan empat mulai beroperasi di Padang Sumatra Barat. Penambahan jumlah hotel berbintang di Kota Padang  tidak lepas dari makin membaiknya tingkat kunjungan wisatawan dan hunian hotel. Salah satunya adalah karena ada agenda tahunan Tour de Singkarak yang tidak hanya mempengaruhi trafik pariwisata Kota Padang, tetapi juga pariwisata Sumatera Barat.

Delapan hotel berbintang tersebut tiga diantaranya adalah hotel baru, sisanya hasil rekonstruksi dan retrofit hotel lama yang berhenti beroperasi sementara akibat dirusak gempa. Hotel baru tersebut adalah Hotel Mercure (170 kamar), Grand Zuri (100 kamar), Daima Hotel (100 kamar). Sedangkan hotel lama yang beroperasi kembali adalah Hotel Ina Muara, Hotel Rocky Plaza, Hotel  Bumi Minang, Hotel Alana (dulu Hotel Ambacang) dan, Hotel Hayam Wuruk. Adapaun Hotel Pangeran dan Hotel Best Western Premier Basko hanya sebentar tidak beroperasi karena kerusakan yang tidak terlalu parah. Sejak gempa 2009, sebagian besar hotel-hotel berbintang ini sudah menyediakan informasi dan safety briefing bagi para tamunya jika terjadi keadaan darurat seperti gempa atau kebakaran.

Ulasan hotel berbintang di Kota Padang kami sarikan berikut ini, hanya beberapa:


Hotel Mercure Padang
Harga Mercure Padang terletak di Jl. Purus IV No 8 Padang dengan kisaran tarif kamar antara lima ratus ribuan hingga enam ratus ribuan per malam untuk kelas terendah. Hotel ini terletak dekat dengan lokasi wisata kota Pantai Padang atau Taplau.

Hotel ini cukup nyaman dengan pemandangan  lepas ke Samudera Hindia di sebelah barat. Disini tersedia fasilitas bar, internet gratis, kolam renang, akses kursi roda, pusat kebugaran, parkir di basement dan ruang-ruang rapat atau pertemuan. Dari beberapa kali menghadiri atau mengadakan pertemuan di hotel ini, dinilai ruangannya terlalu terbatas dan kecil-kecil, mungkin karena desain ruangan yang terlalu rendah dan warna ruangan yang dominan gelap. Kelebihannya adalah, disini tidak akan ditemui wartawan-wartawan bodrex yang di hotel lain selalu menyelinap menjadi peserta demi mendapatkan amplop pengganti transportasi dari panitia di akhir acara.

Hotel Best Western Premier Basko 
Hotel yang biasa disebut Hotel Basko ini terletak di salah satu titik strategis di Kota Padang yaitu Jl. Prof DR Hamka, Padang dan termasuk kategori hotel bisnis yang paling direkomendasikan di Padang. Beberapa maskapai penerbangan menjadikan hotel ini tempat istirahat kru-nya. Menyatu dengan bangunan Basko Grand Mall, membuat akses ke pusat perbelanjaan sangat dekat. Namun halaman hotel ini terlalu sempit dan di depannya sering terjadi kemacetan lalu lintas, terutama pada pagi dan sore hari di hari kerja. Di Hotel Basko tersedia fasilitas bar, pusat kebugaran, internet gratis, kolam renang, aktivitas anak, dan lainnya. Harga kamar kelas terendah berkisar sekitar enam ratus ribuan per malam.

Mengadakan pertemuan atau rapat di Hotel Basko cukup nyaman namun fasilitas parkir yang kadang harus jauh membuat akses ke gedung hotel menjadi kelemahan tersendiri untuk mobile setiap saat keluar hotel. Akses antara kamar dan ruang-ruang pertemuan bervariasi, ada yang dekat dan ada yang jauh dan jalan berbelok-belok. Tapi di hotel ini tidak pernah dijumpai wartawan bodrex yang seenaknya mengaku sebagai peserta.

Hotel  Grand Inna Muara
Hotel yang juga disebut Hotel Inna Muara atau Hotel plat merah ini beralamat di Jl. Gereja No. 34, Padang. Fasilitas yang tersedia antara lain pusat bisnis, kolam renang, pusat kebugaran, akses kursi roda, tempat pameran, dan lainnya. Harga kamar berkisar di enam ratus ribuan untuk kelas bawah.

Hotel Pangeran Beach
Hotel Pangeran sekarang termasuk berbintang empat ini, terletak di Jalan Juanda, Padang. Hotel ini menawarkan fasilitas ruang pertemuan (ball room), internet gratis, kolam renang, dan lainnya dengan harga kamar yang ditawarkan antara enam ratus riabun hingga tujuh ratus ribuan per malam untuk kelas bawah.

Hotel Pangeran sering menjadi tempat pertemuan, karena banyak memiliki ruangan berbagai ukuran dan cukup luas ukurannya, tidak sempit dan berwarna gelap. Semua ruangan pertemuan terletak di lantai 1 sehingga mudah diakses dari pintu utama atau dari parkiran. Sayangnya manajemen hotel kurang  memperhatikan kenyamanan bagi penyelenggaraan pertemuan di hotel ini karena setiap kali ada acara selalu saja ada oknum yang mengaku wartawan dan menyelinap menjadi peserta demi mendapat amplop diakhir acara. Jika acaranya besar, jumlah oknum yang mengaku wartawan ataupun wartawan bodrex juga banyak. Jika anda sering menghadiri atau mengadakan pertemuan disana, anda pasti akan mengenal wajah-wajah mereka dengan mudah. Kedepan semoga ini menjadi perhatian bagi pihak manajemen hotel pangeran beach.

Hotel The Axana (Alana?)
Nama Hotel Axana ini tergolong baru namun berdiri di bekas hotel lama yang terkenal karena rubuh akibat gempa dan menelan ratusan korban tertimpa, yaitu Hotel Ambacang. Nama hotel ini kadang merancukan, ada yang menyebut Hotel Axana dan  ada juga yang menyebut Hotel Alana. Harga kamar yang ditawarkan berkisar antara empat ratus ribuan hingga enam ratus ribuan.

Hotel Grand Zuri Padang
Hotel Grand Zuri ini bagian dari jaringan Grand Zuri, hotel ini cukup sering dipakai sebagai tempat pertemuan. Terletak di Jln. MH Thamrin No. 27, Padang dengan kisaran harga kamar lima ratus ribuan. Kelemahan hotel ini hanyalah akses masuk hotel yang terlalu ribet dan memutar-mutar jika kita masuk dari arah pusat kota karena hotel Grand Zuri terletak persis di pertigaan yang cukup padat lalu lintasnya.

Masih ada hotel-hotel berbitang lain yang terdapat di Kota Padang yang tidak semuanya diulas di sini seperti Hotel Pangeran City, Hotel Aliga. Jangan anggap hotel melati dan hotel butik tidak bagus juga untuk dicoba. Sebut saja misalnya antara lain Hotel Rumah Nenek, Hotel Hayam Wuruk, Hotel  Plan B, dan Hotel Rangkayo Basa Padang, Hotel Femina, Hotel Savali, Hotel Sriwijaya, Hotel d'Dave, Hotel Padang, Hotel Bunda, Hotel Edo dan lain-lain.

2 komentar:

I Love Padang mengatakan...

Hidup kota padang

pak gendoet mengatakan...

isinya menarik ya..
kalau ada waktu silahkan berkunjung kesini ya
http://distrobantalsilikon.blogspot.com