Jumat, Mei 25, 2012

Lowongan Kerja di Kota Padang

Lowongan Kerja di Kota Padang
Info lowongan kerja di kantor Pos Padang
Mencari lowongan kerja di Kota Padang sebenarnya tidak terlalu sulit. Jika anda pernah pergi ke kantor Pos yang terletak di Jalan Azis Chan, disana tersedia papan informasi publik yang berisi pengumuman lowongan kerja yang terletak di bagian depan sebelah kanan kantor pos tersebut. Fasilitas ini sepertinya sengaja disediakan pihak kantor Pos Padang untuk membantu pencari kerja mendapatkan lapangan pekerjaan. Bagi pencari tenaga kerja, tentu saja ini juga membantu.

Disini terdapat beberapa papan display yang tertutup dengan kaca dan dibagi berdasarkan pendidikan, misalnya lowongan kerja untuk DIII atau SMA, untuk sarjana dan ada juga untuk umum. Dibagian depannya juga diberi pagar pembatas agar pencari kerja tidak terlalu dekat dengan papan informasi sehingga bisa menutup pandangan orang lain di belakanganya.

Lowongan kerja yang diumumkan di kantor pos padang ini juga macam-macam. Dari toko yang mencari karyawan, rumah makan, catering, leasing, bank, perkebunan, atau lembaga-lembaga negara (termasuk TNI/Polri). Tempat ini selalu ramai dikunjungi pencari kerja di Kota Padang. Iseng-iseng saya sempatkan kesana malam-malam untuk mengambil foto untuk tulisan ini. Saat itu juga masih banyak pencari kerja yang datang silih berganti walaupun tidak seramai disiang hari. Kalau disiang hari, pengunjung yang datang bisa berjubel.

Ketika penerimaan CPNS dibuka, tempat ini juga ramai dikunjungi orang. Informasi tentang lowongan CPNS tidak hanya terpampang di papan informasi tersebut, tapi juga dijual oleh pedagang dadakan yang menjual foto copy lembar informasi penerimaan CPNS tersebut. Perihal informasi lowongan CPNS ini, situasi yang sama juga akan terjadi di kantor dinas transmigarasi dan tenaga kerja Kota Padang dan provinsi Sumatera Barat. Di hari-hari biasa, dinas transmigrasi dan tenaga kerja juga menyediakan papan informasi yang berisi pengumuman lowongan kerja sepeti di kantor pos.

Sebagai informasi buat anda, selain di kedua tempat tersebut masih ada beberapa sumber informasi lainnya yang menyampaikan lowongan pekerjaan di Kota Padang seperti yang dijelaskan dibawah ini. Ini tidak berlaku di Padang saja, tetapi sudah menjadi kebiasaan umum tempat iklan lowongan perkerjaan dipublikasikan.

1. Koran
Koran tetap menjadi informasi utama lowongan kerja. Semua jenis lowongan kerja ada di koran. Ketika musim penerimaan CPNS, koran-koran akan penuh dengan informasi ini dibanding berita. Informasi di koran juga lebih dipercayai, tapi anda harus sering memantau, kalau tidak dan koran hari itu sulit didapatkan lagi maka lowongan pekerjaan dihari itu akan hilang dan peluang untuk anda akan terlewatkan.

2. Internet
Saat ini banyak informasi lowongan pekerjaan yang disebar di internet. Selain di website instansi yang mencari pegawai/karyawan, juga di situs-situs atau blog pihak ketiga yang sengaja menayangkan informasi lowongan pekerjaan. Tapi lowongan pekerjaan di Padang yang dipublikasikan di internet secara online masih jarang ditemukan.

3. Kantor swasta/toko yang mencari karyawan
Sekali-sekali lewat di depan sebuah toko atau kantor kadang saya membaca selembar kertas yang ditempel di pintu kaca toko/kantor tersebut. Ini sering terjadi, tapi bagi pencari kerja akan sangat menyulitkan keliling kota Padang untuk mendapatkan informasi ini. Selain banyak butuh biaya, juga butuh tenaga dan waktu yang banyak. Ini mengingatkan saya cara orang jaman dulu cari kerja :)

4. Kantor Pemerintah/BUMD/BUMN/Lembaga Negara
Walaupun sekarang Kantor Pemerintah/BUMD/BUMN/Lembaga Negara banyak menggunakan internet dan koran untuk menyebarkan informasi lowongan pekerjaan, saya masih sering mendapatkan pengumuman lowongan kerja dipajang di kantor-kantor tersebut. Misalnya Bank Indonesia Padang, Universitas, KPU, TVRI, PDAM, Rumah Sakit dan lain-lain.

5. Televisi
Di Padang terdapat beberapa televisi lokal yang kadang juga mengiklankan lowongan pekerjaan, tetapi kuantitasnya masih sedikit. Penyampaiannya kadang hanya sambil lewat saja dan tidak berulang-ulang ditayangkan sehingga hanya pencari kerja yang beruntung saja yang bisa menangkap informasi ini.

6. Mulut ke mulut
Penyebaran lowongan kerja dari mulut ke mulut ini masih ampuh dimana-mana. Jika ada saudara yang berkerja di sebuah instansi, sebelum disebar kepada publik, biasanya orang dalam sudah mulai menyampaikan lowongan kerja di kantornya kepada orang-orang terdekat, teman atau kerabatnya. Kalau sistem penerimaan tenaga kerja di kantor itu tidak baik, maka informasi tersebut akan diusahakan untuk ditutupi supaya hanya orang-orang dekat saja yang tahu dan mengajukan lamaran.

Setelah informasi lowongan pekerjaan diatas, hal lain yang harus dipikirkan adalah kecocokan lowongan pekerjaan berdasarkan penilaian sendiri-sendiri. Misalnya cocok dengan latar belakang pendidikan, pengalaman, lokasi, fasilitas dan gaji yang tinggi. Semoga anda yang mencari lowongan pekerjaan di Kota Padang mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan impian, amiiin.. :)

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Hadirilah Padang JobFair, test langsung dari PT. SMART,Tbk dan perusahaan lainnya dalam acara JOB FOR CAREER, tgl 13-14 Desember 2012 di HOTEL GRAND INNA MUARA-PADANG, Pk 09.00-16.00. Bawa CV dan Lamaran anda. Infokan ke teman2 anda juga. Untuk menjadi kominitas kami PIN BB : 28fac16c

Unknown mengatakan...

Mau kerja? Hadirilah Padang Job Fair JOB FOR CAREER. Ikutilah test langsung dari PT.SMART,TBK dan perusahaan2 lainnya. Bawa CV dan lamaran anda ke acara JOB FOR CAREER, 13-14 Desember 2012 , Pk 09.00-16.00 di Hotel Grand Inna Muara, Jl. Gereja, PADANG. Infokan juga ke teman temanmu.