Rabu, Juli 08, 2009

Hasil Pilpres 2009 di Kota Padang

Dari pengamatan yang saya lakukan, pilpres 2009 di kota Padang dimenangkan oleh pasangan Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY) dan Boediono. Rata-rata tiap TPS yang saya kunjungi dikuasai oleh pasangan yang mengusung slogan "Lanjutkan!" ini. Urutan kedua dimenangi oleh pasangan Yusuf Kalla dan Wiranto, sedangkan pasangan Megawati dan Prabowo Subianto menempati urutan ke tiga. Tapi harus diingat, ini bukan hasil resmi, tetapi hasil observasi saya saja di beberapa TPS di kota Padang. Proses penghitungan cepat (Quick Count) oleh kubu masing-masing kandidat presiden, lembaga-lembaga survey dan stasiun televisi masih sedang berlangsung. KPU sendiri masih membutuhkan waktu beberapa hari kedepan untuk menyelesaikan penghitungan manual.

Proses pemilihan presiden di kota Padang kali ini cukup cepat dibandingkan pada pemilihan umum legislatif sebelumnya. Jika dalam pileg ada yang selesai sampai malam, dalam pilpres rata-rata sudah selesai sehabis zuhur.

Beberapa hal yang menjadi catatan saya dalam pilpres di Kota Padang ini adalah masih adanya pelanggaran yang terjadi. Diantaranya masih terdapatnya atribut kampanye masing-masing kandidat yang dipajang di tempat umum, adanya anak dibawah umur yang ikut mencontreng, pemilih dengan KTP yang melakukan pemilihan di bawah jam 12 (seharusnya setelah jam 12).

Melihat hasil sementara pilpres 2009 di Kota Padang, sepertinya kemenangan telak ada ditangan SBY-Boedione. Saya ragu akan ada putaran kedua melihat perolehan sementara ini. Bagi saya siapapun yang menang, pilres 2009 di Kota Padang harus bisa diterima warga kota Padang. Bagaimana menurut pendapat anda tentang hasil Pilpres 2009 ini?

Tidak ada komentar: