Minggu, Juni 28, 2009

Pagelaran Budaya Mentawai di Museum Aditiawarman Padang

pegelaran budaya mentawai di museum aditiawarman padangBertempat di Museum Aditiawarman Padang, Yayasan Citra Mandiri (YCM) dengan didukung mitra-mitranya mengadakan Pagelaran Budaya Mentawai 2009 dalam bentuk lomba tari tradisional turuk laggai, pameran kerajinan, permainan anak, lomba panahan, tutur cerita rakyat, pemutaran film dokumenter dan diskusi turuk laggai.

Lokasi acara yang berdekatan dengan Hotel Bumi Minang ini dimulai pada hari Sabtu 27 Juni dan akan ditutup tanggal 29 Juni 2009. Mengadakan pagelaran budaya yang jauh dari daerah asalnya tentu saja menjadi unik. Mentawai dan masyarakatnya secara kultural dan religi sangat jauh berbeda dengan masyarakat minangkabau walaupun berada dalam satu propinsi. Mentawai adalah salah satu kabupaten di Sumatera Barat yang terdiri atas pulau-pulau, yaitu pulau Pagai Utara, Pagai Selatan, Siberut dan pulau-pulau kecil disekitarnya. Kepulauan ini dulunya adalah bagian dari Kabupaten Padang Pariaman. Sejak era reformasi dan desentralisasi, berdiri menjadi kabupaten sendiri. Kabupaten ini terletak di samudera hindia atau sebelah barat propinsi Sumatera Barat. Menuju ke sana harus dengan kapal motor dengan jarak tempuh paling pendek delapan jam ke Siberut Selatan. Selain wisata budaya, mentawai juga lokasi favorit bagi wisatawan manca negara untuk berselancar karena ketinggian gelombang di kepulauan mentawai ombaknya termasuk yang terbaik di dunia.

Kembali ke pagelaran tadi, YCM sebagai penyelenggara adalah sebuah yayasan atau tepatnya disebut sebagai sebuah LSM yang berkiprah untuk pemberdayaan masyarakat adat Mentawai.

Tidak ada komentar: