Senin, Desember 08, 2008

Rumah Sakit Tentara Ganting Padang

rumah sakit tentara padangKamis kemarin saya diajak saudara sepupu yang ada keperluan ke Rumah Sakit Tentara Padang yang terletak di kawasan Ganting - Kota Padang (nama jalannya tidak tahu :D ). Walaupun sebagian besar usia saya dihabiskan di Padang, baru kali ini menginjakkan kaki dan melihat-lihat isi rumah sakit yang lumayan sudah tua ini.

Melihat gedung-geudng dan lingkungannya, serasa berada di tahun tujuh puluhan. Sepertinya semua gedung masih asli seperti awal dibuat dulu, sangat klasik. Tiang-tiang lorong terbuat dari besi sederhana dengan desain khas yang jarang dijumpai sekarang, begitu juga atap lorongnya. Bangunannya berdinding beton tebal seperti kebanyakan bangunan-bangunan besar tempo doeloe.

Jadi ingat film Siti Nurbaya, mungkin di sinilah syuting Samsul Bahri dirawat setelah terluka parah berperang dengan Datuk Maringgih dan penduduk pribumi lainnya. Sejenak roman-nya yang pernah saya baca sewaktu masih duduk di bangku SMP dulu kembali bangkit dalam ingatan.

Ada perasaan tenang disana, berhubung pengunjung dan pasien di rumah sakit ini tidak terlalu banyak. Kalau saja tidak harus kembali ke kantor dan bekerja, mungkin betah berlama-lama di sini.

Tapi saat sepupu saya bilang kalau disini ada cerita seramnya juga, bulu kuduk jadi merinding. Seperti kebanyakan rumah sakit, selalu ada cerita horor-nya sendiri-sendiri. Jika dibayangkan suasana malam disini, memang pantas juga jadi lokasi menguji nyali atau sekali-sekali syuting "dunia lain" yang pernah ngetop di TV beberapa tahun yang lalu. Sepupu saya bilang, orang-orang sering melihat tentara berkuda tapi tidak berkepala ...hiii.. :o

rumah sakit tentara padangTapi selama berada di sana, memang ada penampakan-penampakan. Tapi bukan penampakan dari dunia lain dan mistik, melainkan penampakan-penampakan lucu yang menggelitik. Seperti yang terlihat di foto, ada dua orang ibu-ibu dalam waktu yang berbeda melompati pagar bagian belakang rumah sakit. Mungkin warga sekitar juga yang tinggal di belakang rumah sakit dan sudah biasa melintas di sana.

Memang dibelakang rumah sakit ini adalah wilayah perumahan warga yang cukup padat dan juga kawasan asrama prajurit TNI. Jalan ini sepertinya sengaja di pelihara, semak-semak rumput yang terdapat jalan setapak menuju pagar setinggi dua meter tersebut dan juga jenjang yang menempel di dindingnya memperlihatkan kalau semua itu bukan hal yang baru.

'Penampakan' lainnya adalah seorang perawat yang bersepeda di lorong rumah sakit. Baru kali ini ada perawat yang move di dalam rumah sakit menggunakan sepeda. Akhirnya sang perawat kena jepret kamera usil juga.

Waktu berangkat keluar dari rumah sakit, juga ada pentungan...eh bukan pentungan tapi tabung oksigen bekas yang digantung. Kalau dilihat sekilas memang seperti pentungan di pos ronda. Awalnya saya mengira ini memang pentungan benaran walau sebenarnya merasa ganjil di dalam hati, kok di rumah sakit ada pentungan. Tapi waktu melintasi, baru jelas kalau itu ulah tangan kreatif entah usil yang menggantung tabung logam itu di dahan pohon. Akhirnya pentungan ini jadi korban jepretan terkahir saya hari itu berangkat keluar dari Rumah Sakit Tentara Padang ini.

Tidak ada komentar: